Thursday 10 June 2010

ADK DAN KETAATAN

Yuanda

T.kimia 08

ADK dan Ketaatan

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ ﴿١١٠﴾

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.( Ali Imran : 110)

Ayat diatas adalah salah satu landasan yang digunakan oleh aktivis dakwah, tak terkecuali oleh aktivis dakwah kampus. Dalam ayat Ali imraan ayat 110 tersebut dikatakan bahwa :

1. Umat nabi muhammad adalah umat yang beruntung dibandingkan dengan umat nabi terdahulu.

2. Umat nabi Muhammad memiliki tugas untuk menyeru manusia kepada yang ma’ruf dan mencegah dari kemungkaran serta mengajak beriman kepada Allah swt.

3. Diantara ahli kitab ada yang beriman kepada Allah swt dan ada yang berbuat fasik.

Sudah jelas bahwa menyeru kepada yang ma’ruf , mencegah dari kemungkaran serta mengajak beriman kepada Allah swt adalah sebuah kewajiban.





وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ ﴿٣٣﴾

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?"(Q.s Al - Fussilat : 33)



Ayat diatas dengan tegas mengatkan bahwa perkataan yang paling baik adalah perkataan yang menyeru kepada Allah swt, serta mengajak untuk beramal saleh. Dimana pengertian dari “menyeru kepada Allah “ adalah sebuah pekerjaan dakwah.

Jelas sudah dua ayat diatas adalah alasan dari para aktivis dakwah bekerja. Dimana pekerjaan mereka adalah menyeru kepada Allah ayat diatas dalah sebagian dari banyaknya yat dalam Al-qur’an yang menyuruh umat islam untuk melakukan kerja dakwah.

Inti sari dari dakwah yang dilakukan oleh para aktivis dakwah adalah mengajak umat manusia kepada Allah swt, dimana aplikasi dari mengajak kepada Allah swt adalah mengerjakan perintah Allah swt serta menjauhi segala laranganNya. Para aktivis dakwah memiliki kewajiban untuk mengajak orang – orsng yang ada disekitarnya kepada Allah swt. Demikian juga dengan para aktivis dakwah kampus (ADK) mereka memiliki kewajibian dilingkukngan kampus tempat mereka menimba ilmu.



Perhatikan ayat berikut ini :

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ ﴿١﴾يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ ﴿٢﴾كَبُرَ مَقْتًا عِندَ اللَّهِ أَن تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ ﴿٣﴾إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُم بُنْيَانٌ مَّرْصُوصٌ ﴿٤﴾

Bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

Ikhwanfillah sudah menjadi tugas dari para ADK untuk berdakwah ( menyeru ) kepada Allah swt. Namun perlu disadari pula oleh para ADK tersebut bahwa selain memiliki kewajiban menyeru kepada Allah swt, mereka (ADK) haruslah mengerjakan apa yang mereka serukan tersebut. Seperti yang jelas trecantum dalam surat As-Saff diatas.

Dalam ayat tersebut dangan tegas Allah swt mengatakan bahwa Allah sangat membenci orang – orang yang mengatakan apa yang tidak dilakukan. Oleh karena itulah perlu disadari oleh para ADK untuk memperbaiki kualitas dirinya dalam segi keimanan dan ibadah hariannya (amalan yaumi).Jadi, setiap ADK selain wajib mnyeru kepada Allah swt, mereka juga memiliki kewajiban untuk melakukan apa yang mereka serukan ttersebut. Dengan kata lain mereka wajib untuk selalu mendekatkan dirinya kepada Allah swt. Dengan kata lain setiap ADK wajib untuk menjaga ketaatanNya kepada Allah swt.

No comments:

Post a Comment