Saturday 22 December 2012

Kiat menghadapi masalah part 2


2.  Menerima semua takdir Allah

Seandainya kita sedang menghadapi masalah, disaat kita mengalami hal – hal yang tidak kita inginkan atau ketika kita merasakan kegagalan dalam usaha yang kita lakukan, maka sebaik – sebaik sikap yang bisa kita lakukan adalah Ridho. Maksudnya, ketika kita mengalami sebuah masalah yang etrasa begitu menghimpit maka cobalah untuk ridho dan ikhlas untuk menerima setiap masalah yang telah diberikan oleh Allah swt.

Yakinilah setiap apapun yang terjadi dalam hidup kita,semuanya telah terprogram didalam mega server yang bernama Lawhul mahfuz. Setiap manusia dilahirkan dengan dengan takdirnya masing – masing. Setiap orang telah memiliki jalan hidupnya sendiri maka ketika kita mendapatkan sebuah masalah, sebuah ujian atau sebuah kegagalan berarti itulah takdir kita yang telah dibuat oleh Allah swt. Dan sebagai makhluk kita hanya perlu mengikuti setiap “skenario” kehidupan yang dibuat oleh Allah swt.

Ketika kita lihat lebih dalam lagi, ternayata banyak orang yang tidak bahagia dalam hidupnya. Tidak sedikit orang – orang yang gagal menghadapi masalah bukan karena kenyataan yang ada. Tetapi karena mereka tidak mampu menerima kenyataan hidup. Padahal sebenarnya ketika mereka menerima kenyataan hidup yang diberikan Allah swt maka semua akan berjalan lebih baik. Contohnya, orang yang tidak mau menerima kenyataan bahwa tubuhnya agak lebih besar akan melakukan hal – hal yang justru menyiksa dirinya sendiri. Bahkan hal – hal yang mungkin tidak masuk akal yang membawa kerugian bagi dirinya sendiri. 

Mata melihat yang indah – indah karena alam ini penuh dengan warna. Lagu akan terasa enak didengar bukan hanya karena liriknya, tapi ada variasi nada didalam lagu tersebut. Coba kita bayangkan jika dunia ini hanya satu warna. Atau sebuah lagu hanya terdiri satu nada alias datar. Bisa dipastikan semuanya tidak akan pernah terasa indah. Dunia tidak akan indah dalam pandangan mata. Lagu tidak aka pernah terasa enak ditelinga jika datar tanpa variasi nada. Begitu juga hakikat kehidupan, hidup ini akan terasa indah jika dilewati dengan penuh warna dan penuh rasa. Dan warna – warni kehidupan dan berbagai rasa dalam kehidupan tersebut tertuang dalam semua takdir yang telah digoreskan oleh Allah swt. Maka jika saat ini sedang mengalami masalah, maka terimalah masalah tersebut sebagai warna dari kehidupan dan sebagai sebuah takdir yang telah dibuat oleh Allah swt.

Menerima semua takdir Allah atau ridho terhadap takdir yang diberikan oleh Allah swt bukan sebuah akhir dari usaha kita. Tapi ini adalah awal dari segalanya. Ketika kita diuji oleh Allah swt dengan dihadapkan pada sebuah kegagalan maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah menerima kegagalan tersebut sebagai sebuah takdir dari Allah swt. Setelah itu, lakukanlah evaluasi diri dan perbaikan – perbaikan diri agar kegagalan yang sudah dialami tidak pernah terulang lagi. Ibaratnya, kita harus menerima takdir kalau nasi sudah menjadi bubur. Tetapi setelah itu maka yang kita lakukan adalah mencari bahan – bahan lain agar bubur yang ada bisa dimakan. 

Seseorang hanya akan mampu bangkit dari sebuah kegagalan ketika ia mampu menerima kegagalan sebagai sebuah proses untuk mendapatkan kesuksesan. Tanpa penerimaan terhadap kenyataan maka kita hanya akan larut pada penyesalan. Kita akan terkubur dalam kata “seandainya saya”. Kita tidak akan pernah bisa melakukan sesuat untuk “move on” jika hati ini belum ikhlas, belum ridho terhadap setiap takdir Allah swt. 

Jadi, kunci bagaimana sikap kita agar bisa mengatasi masalah yang dihadapi, bagaimana sikap kita untuk bisa bangkit dari kegagalan yang dirasakan atau kita bisa melewati setiap ujian yang diberikan Allah swt? Yaitu dengan cara menerima atau ridho terhadap segala takdir yang diberikan oleh Allah swt. Karena setiap masalah yang ada, setiap kegagalan yang dirasakan serta ujian yang ada merupakan takdir yang dibuat oleh Allah swt. Terimalah semua ketetapan yang sudah dibuat Allah swt, maka barulah kita bisa bangkit dari kegagalan, kita bisa berfikir secara rasional untuk mengatasi masalah yang ada dan dengan menerima semua takdir Allah maka kita yakin bahwa Allah swt akan menyiapkan setiap solusi dari ujian yang kita hadapi.  Tanpa itu semua maka kita tidak akan pernah bisa untuk Move On.

No comments:

Post a Comment